Connect with us

News

Anna Harap Ada Pemetaan Jalan Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional

Maluku – Anggota DPD-RI daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku Anna Latuconsina meminta agar pemangku kebijakan agar perlu pemetaan klasifikasi jalan, yakni jalan kabupaten/kota, provinsi dan nasional untuk mempermudah intervensi.

Menurut Anna, pemetaan klasifikasi ini dilakukan untuk permudah intervensi peningkatan pembangunan infrastruktur jalan sesuai dengan lingkup kewenangan, dan anggaran masing-masing tingkat pemerintahan.

“Perlu adanya pemetaan klasifikasi jalan kabupaten/kota, jalan provinsi, serta jalan nasional secara terintegrasi antara pemangku kebijakan, agar mempermudah intervensi peningkatan pembangunan infrastrukur jalan sesuai dengan lingkup kewenangan, dan anggaran dari masing-masing tingkatan pemerintahan, baik itu yang bersumber dari perencanaan dan anggaran Pemerintah kabupaten/kota, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” kata Anna usai melakukan Reses pada 14 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020 kemarin.

Selain itu, politisi yang gigih perjuangkan peningkatan ekonomi nelayan dan pertumbuhan pariwisata di Maluku ini melanjutkan, perlu ditingkatkan status jalan dari Provinsi ke jalan nasional, terkhusus buat wilayah yang memiliki potensi pertanian, perikanan dan pariwisata.

“Percepatan pembangunan infrastruktur bidang jalan di Maluku yang dibiayai oleh APBN , Peningkatan status jalan dari jalan provinsi ke Jalan Nasional terutama di daerah yang memiliki potensi pertanian, perikanan dan pariwisata perlu menjadi perhatian untuk mempermudah masyarakat mendistribusikan hasil produksi dan peningkatan kunjungan ke lokasi pariwisata,’ jelasnya.

“Anna juga melihat masih lemahnya perencanaan dan politik anggaran dalam pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, dan kepelabuhanan sehingga alokasi proyek infrastruktur di daerah-daerah tertentu berjalan lambat pertumbuhan dan pengerjaannya, sementara di daerah-daerah lain justru memiliki peningkatan pembangunan infrastruktur sedemikian baik dan memadai,” tambahnya.

Untuk itu, Anna mendesak Pemerintah Pusat agar mengakomodir percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Maluku. “DPD-RI Mendesak Pemerintah pusat untuk mengakomodir percepatan pembangunan infrastruktur bidang jalan Provinsi Maluku, Kepala Renstra Kementrian PUPR, Ditjen Bina Marga dalam tahun anggaran 2021-2024,” tegasnya. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News