Connect with us

News

Rapat Dengan Mentan, Anna Latuconsina Harap Penyuluh Diberikan Informasi

JAKARTA – Anggota Komite II DPD RI Anna Latuconsina berharap Kementerian Pertanian harus intens memberikan pelatihan atau informasi-informasi kepada para penyuluh di daerah, terkait dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Anna, program kerja Kementerian Pertanian yang saat ini sedang dijalankan cukup baik, namum harus diselaraskan dengan peningkatan SDM bagi para penyuluh pertanian di daerah. Pasalnya, penyuluh pertanian di daerah merupakan bagian dari ujung tombak kesuksesan program Kementerian Pertanian.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada pak Menteri (Yasin Limpo-red) dengan program yang begitu banyak, apalagi dengan revocosing anggaran dan juga situasi Covid-19 saat ini yang tidak mudah bergerak untuk memajukan satu program nasional,” kata Anna saat rapat kerja bersama Menteri Pertanian.

Dikatakan Anna, meski banyak bantuan yang dikucurkan oleh Kementerian Pertanian untuk menyukseskan program kerja seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan beberapa lainnya, tetapi peningkatan SDM sangat diutamakan.

“Saya ingin menyampaikan bahwa kita bicara tentang KUR dan sebagainya, intinya menurut saya ada di penyuluh pak Menteri. Nah kita tahu bersama bahwa penyuluh-penyuluh ini sekarang ada di tiga kabupaten/kota,” ucapnya.

Dijelaskan Anna, banyak sekali kendala yang dihadapi oleh para penyuluh, baik pelatihan maupun informasi-informasi terbaru terkait program-program Kementerian Pertanian.

“Nah mereka itu mempunyai banyak sekali kendala, pertama yaitu tentang SDM. Mereka sendiri kayaknya tidak ada secara berkala peningkatan SDM ataupun kualitas dari itu sendiri,” jelasnya.

“Yang kedua penyuluh sebagai ujung tombak mungkin harus diberi informasi tentang apa saja yang harus mereka berikan kepada petani, misalkan tentang KUR tentang Pora tentang foodestate dan juga yang lainnya,” pungkasnya. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News