Connect with us

News

Ke Anna Latuconsina, Pihak Angkasa Pura I Minta Pempus Permudah Syarat Penerbangan

AMBON – Pemerintah terus menekan angka penyebaran Coronavirus atau Covid-19 di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan Pemerintah adalah memperketat syarat perjalanan bagi orang-orang yang hendak melakukan kepergian dari satu wilayah ke wilayah lain.

Namun, pengetatan syarat kepergian itu nampaknya berimbas pada bisnis transportasi, salah satunya transportasi penerbangan dan hal tersebut diakui oleh pihak PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Pattimura di Ambon, Maluku.

Menurut pihak PT. Angkasa Pura adanya penurunan trafik pesawat udara dan penumpang, dikarenakan adanya pembatasan
dan persyaratan keberangkatan untuk penumpang. Untuk itu, perlu adanya kebijakan dari pemerintah pusat untuk mempertahankan kelangsungan bisnis bandara dengan Pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN )kepada PT. Angkasa Pura I.

Selain itu, pihak PT Angkasa Pura I juga meminta persyaratan penerbangan bagi penumpang sedikit dipermudah, karena hal tersebut berpengaruh besar. “Mempermudah persyaratan penumpang dalam amsa pandemi Covid-19 dengan menggunakan jasa penerbangan,” kata pihak Angkasa Pura I dalam isi surat mereka kepada Anggota DPD RI Dapil Maluku, Anna Latuconsina.

Mereka juga meminta agar Pemerintah Pusat memberikan keringanan pembayaran Pajak selama kondisi pandemi Covid-19 (PBB
dan Pajak Parkir).

“Kondisi saat ini bandara Pattimura Ambon tidak memiliki hanggar pesawat udara dan
untuk penempatan pesawat untuk long term dilksanakan di Apron, Upaya pengujian dan
pemeriksaan ulang pesawat yng terparkir lama dilaksanakan oleh pihak maskapai
penerbangan dan pihak Otoritas Bandara/DJU (Wilayah VIII Manado),” jelasnya.

PT Angkasa Pura I juga mengaku mendukung adanya program vaksinasi untuk penumpang dan masyarakat dengan membuka layanan sentra vaksinasi di lobby terminal Bandara Pattimura Ambon, yang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Lanud Pattimura Ambon, dan Puskesmas Tawiri. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News