Connect with us

News

Jalan Di SBB Harap Diperhatikan Sebagai Penunjang Perikanan dan Pariwisata

AMBON – Camat Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Ronny Salenussa mengakui, infrastruktur jalan di Kecamatan Seram Barat belum mendapat perhatian serius dari Pemerintah, baik Pemkab SBB, Provinsi hingga pusat.

Padahal potensi perikanan dan pariwisata sangat baik. Jalan tersebut merupakan jalan Provinsi dan Kabupaten, kiranya mendapatkan perhatian dari Pemerintah Pusat untuk perbaikan infrastruktur jalan tersebut dengan meningkatkan status menjadi jalan strategis nasional, karena ada potensi perikanan dan pariwisata yang menjanjikan di Kecamatan Seram Barat.

“Ada 7 desa dalam wilayah kecamatan Seram Barat. Ada leading sektor yang tidak bisa di bebankan dana desa. Desa Kaibobu memiliki jalan yang masih rusak +/- 6 KM. Merupakan jalan kabupaten namun karena keterbatasan anggaran sehingga masih terbengkalai,” kata Ronny Salenussa dalam reses bersama Anggota DPD RI Anna Latuconsina di Kantor Camat Seram Barat kemarin.

Selain itu, menurut Ronny perlu adanya penambahan armada ferry di dermaga Saisala untuk melayari wilayah SBB. Lanjut Ronny, Kelompok nelayan keramba jaring apung dan rumput laut juga merupakan potensi pendapatan masyarakat yang perlu dikembangkan. Namun, terkait analisa dampak lingkungan, produksi rumput laut menurun.

“Kelompok nelayan di Kecamatan Seram Barat 50-70% masyarakat bermata pencaharian sebagai nelayan. Harapannya nelayan dipehatikan,” ucapnya.

Berdasarkan hasil aspirasi bersama Camat Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), AnnaLaguconsina akan mengusulkan untuk ditindak lanjuti dengan kementrian terkait sesuai dengan tingkat penyelesaiannya, Mulai dari Kabupaten/Kota, Provinsi dan pemerintah pusat dengan mempertimbangkan kondisi dan peraturan yang ada. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News