Connect with us

News

Buka Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan, Ini Harapan Anna

AMBON – Anggota DPD RI Dapil Provinsi Maluku, Anna Latuconsina diamanahkan untuk membuka Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan, atau Pelatihan Masyarakat KP model blanded Online training bagi 60 orang pelaku utama nelayan, yang berasal dari Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayapura.

Dalam sambutannya, Anna mengatakan jika potensi Perikanan di Indonesia saat ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat, bila potensi perikanan ini dimanfaatkan sebaik mungkin, karena kebutuhan konsumsi ikan di negara-negara Eropa sangat besar. Sementara jumlah sumplai ikan terus menurun di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia untuk menggantungkan hidupnya dengan memanfaatkan kondisi geografis yang dimiliki, melalui sektor perikanan sangat besar. Di negara maju, kesadaran untuk mengkonsumsi ikan sangat pesat, laku permintaan terhadap hasil perikanan semakin bertambah, sementara suplai mengalami penurunan,” kata Anna dalam sambutannya, Rabu (17/3).

“Pengolahan produk perikanan pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dari satu hasil tangkapan atau budidaya dan memanfaatkan sumber daya perikanan secara efektif, dengan demikian pengolahan ikan sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Menurut Anna, prospek perikanan Indonesia ke depan sangat bagus, bila didukung dengan pelaksaan program ketahanan pangan nasional yang baik, serta mendapat dukungan dari seluruh lembaga terkait.

“Perikanan Indonesia memiliki prospek yang bagus di masa mendatang, dan dapat mendukung suksesnya pelaksanaan program ketahanan pangan nasional bila disertai dengan kerja sama yang baik antar lembaga terkait,” jelasnya.

Dalam pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan ini, hadir juga para seluruh Anggota DPD RI asal Papua yakni, Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai, Kepala Riset SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Prof. Ir. Sjarief W idjaja, Kepala Pusat Pelatidan dan Penyuluh KKP Dr. Lily Aprilya Pregiwati, Ka Balai Ambon, Penyuluh, Pelatih dan Panitia BPPP Ambon dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numdor dan Kabupaten Jayapura. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News