Connect with us

News

Bersihkan Sampah Di Pesisir Pantai Ambon, Anna Usul Ada Regulasi Soal Sampah

AMBON – Anggota DPD RI Anna Latuconsina kembali melakukan kegiatan sosial bersama Komunitas The Mulung Kota Ambon. Kegiatan sosial membersihkan sampah di pesisir Pantai Seilale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon ini dilakukan oleh Anna Latuconsina bersama The Mulung untuk memperingati hari hutan dan air sedunia.

“Kegiatan teman-teman The Mulung sangat positif untuk mengajak masyarakat menyadari, bahwa sampah yang dibuang sembarangan, apalagi sampah plastik itu sangat merusak lingkungan,” kata Anna kepada wartawan.

Dikatakan Anna, jika aksi membersihkan sampah di pesisir pantai ini dilakukan sendiri oleh The Mulung, maka akan mendapat kesulitan hingga perlu ada ikut serta masyarakat Kota Ambon yang sadar akan bahaya sampah bagi kehidupan ke depan.

“Nah tapi kan teman teman The Mulung tidak bisa membersihkan semua secara sendiri, harus melibatkan masyarakat setempat,” ucapnya.

Dijelaskan Anna, sampah yang sering mengotori laut Kota Ambon tidak hanya sampah dari masyarakat Kota Ambon, tetapi juga berasal dari daerah luar, hingga perlu adanya regulasi baru yang mengatur pengolahan sampah bekas.

“Tapi memang kita tau, sampah yang datang bukan hanya dari masyarakat saja, tapi juga dari luar. Nah itu perlu ada satu regulasi untuk mengatur bagaimana pengolahan sampah plastik, jadi solusinya adalah bagaimana mengatur regulasi yang baik tentang cara pengolahan sampah,” jelasnya.

Sementara itu, Fouder The Mulung Olivya Jasso mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah di pesisir pantai ini adalah memperingati hari hutan internasional dan air sedunia pada, Minggu (19/3).

“Kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Hutan Internasional dan Hari Air Sedunia,” kata Olivya Jasso.

Ia menerangkan, Hari Hutan dan Air Sedunia menjadi momentum untuk menggerakkan anak muda yang tergabung dalam Komunitas the Mulungs untuk melakukan aksi bersih-bersih di pesisir pantai itu.

Selain komunitas anak muda, the Mulung juga turut mengundang Dinas Pariwisata Provinsi Maluku dan Anggota DPD RI, Anna Latuconsina untuk sama-sama turun ke lapangan melakukan aksi bersih pantai tersebut.

“Ke depannya memang bukan cuma kegiatan ini saja tapi masih ada agenda-agenda dan program yang sudah kami rencanakan,” tandas Olivya. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News